Wabup Darma Wijaya Hadiri Sosialisasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

SAMBUTAN : Wabup Sergai Darma Wijaya tengah menyampaikan sambutannya pada acara Sosialisasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama Sergai di Sei Rampah, Sabtu (23/12).

Sei RampahSosialisasi pembinaan kerukunan umat beragama di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan suatu langkah positif, mengingat hal ini sangat penting dan terkait langsung dengan kerukunan nasional dan kesatuan bangsa. Kerukunan umat beragama juga merupakan pilar kekuatan nasional yang sangat dinamis dan harus selalu terpelihara dari waktu ke waktu. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya dalam sambutanya saat menghadiri acara Sosialisasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama Sergai di Sei Rampah, Sabtu (23/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua FKUB Provsu H. Maratua Simanjuntak, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, Ketua FKUB Sergai Drs. H.M. Irfan Elfuadi Lubis, Waka Polres Sergai Kompol Edi B. Sinaga, Camat Sei Rampah, Mewakili Danramil Sei Rampah, Mewakili Kemenag Sergai, Mewakili Kaban Kesbang Pol Sergai, Tokoh Masyarakat dan puluhan peserta sosialisasi. Dikatakan Darma Wijaya, bahwa peran langsung dari pemerintah daerah berupa kebijakan, Pemkab juga tidak menafikan pentingnya peran dari pihak lain yang perlu diberdayakan selain dari elemen negara seperti Kepolisian, TNI dan pemerintah yang harus diberdayakan adalah FKUB, katanya.

FKUB bertugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan masyarakat untuk menampung dan.menyalurkan aspirasi Ormas keagamaan dan masyarakat serta melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan dibidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat serta pemberdayaan masyarakat. “Diharapkan FKUB Sergai dapat membantu kepala daerah dalam merumuskan kebijakan yang diambil Pemkab Sergai dalam bidang keagamaan,” tutur Wabup.

Diakhir sambutannya Wabup menghimbau para alim ulama, tokoh agama lainnya, tokoh masyarakat untuk bisa memberikan pemahaman kepada umat, jama’ahnya masing-masing agar mengedepankan toleransi, pendekatan musyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah selain itu juga harus dapat memahami ajaran agama dengan baik dan santun, pungkasnya. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*