Rakor dan Sinkronisasi Penyuluh Pertanian se-Wilayah Tabagsel, Tapanuli Tengah dan Sibolga

PAPARAN: Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang juga Ketua DPD Perhiptani Sumut tengah menyampaikan paparanya saat didaulat menjadi narasumber pada acara Rakor dan Sinkronisasi Penyuluh Pertanian se-Wilayah Tabagsel, Tapanuli Tengah dan Sibolga bertempat di Aula IAIN Padangsidimpuan, Kamis (21/12)

Bupati Soekirman : Komitmen Penyuluh Profesional Adalah Tepat Waktu, Mutu Dan Tepat Harga

Sei Rampah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai)  Ir. H. Soekirman yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) didaulat sebagai narasumber pada Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Penyuluh Pertanian se-wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan Tapanuli Tengah dan Sibolga bertempat di Aula IAIN Padangsidimpuan, Kamis (21/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubsu DR. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Sekda Kota Padangsidimpuan Drs. Zulfeddi Simamora, MM, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provsu M. Azhar Harahap, SP, MMA, Komisi Penyuluhan Provsu, Kepala BPS Kota Padangsidimpuan, Mantri Tani, Penyuluh Pertanian PNS, Tenaga Harian Lepas (THL) dan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBP),  kontak tani se-wilayah Tabagsel, Tapteng dan Sibolga.

Para penyuluh adalah orang yang tidak mengenal waktu, hujan panas dan badai ditempuh dalam menjalankan tugasnya. Keberadaan penyuluh hendaknya dapat lebih diperhatikan oleh pemerintah dengan tidak membedakan pengangkatan status menjadi PNS melalui klasifikasi usia, kata Bupati.

Dikatakan lebih lanjut, saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Sergai bulan lalu, sudah saya serahkan nama-nama para penyuluh kepada Bapak Presiden untuk ditingkatkan statusnya menjadi ASN, mari kita sama-sama berdoa dan berusaha karena tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan berkehendak”, pungkasnya.

Melalui paparan yang berjudul “Peran Perhiptani Dalam Rangka Optimalisasi Penyuluhan Pertanian” tersebut, Ir. H. Soekirman menyampaikan peran strategis Perhiptani dalam merancang kebijakan, kelembagaan dan kebersamaan penyuluh pertanian di Sumut.

SERAHKAN BANTUAN: Gubsu DR. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si didampingi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang juga Ketua DPD Perhiptani Sumut tengah menyerahkan bantuan berupa perlengkapan kerja penyuluh kepada para perwakilan penyuluh disela-sela acara Rakor dan Sinkronisasi Penyuluh Pertanian se-Wilayah Tabagsel, Tapanuli Tengah dan Sibolga bertempat di Aula IAIN Padangsidimpuan, Kamis (21/12)

Sementara itu Gubsu DR. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya acara yang sangat strategis dan penting ini, karena peserta yang hadir adalah ujung tombak dan garda terdepan dari aparatur di sektor pertanian yang akan menggerakkan lajunya pembangunan sektor pertanian umumnya dan tanaman pangan dan holtikultura pada khususnya.“Maju mundurnya pembangunan pertanian di Sumut ini, sebahagian besar terletak dipundak saudara-saudara sekalian,” paparnya.

Mengakhiri sambutannya Gubsu berpesan kepada para peserta dan diharapkan untuk dapat meningkatkan sinergitas, kebersamaan dan kekompakan dalam memberhasilkan program Upsus dilapangan. Selain itu agar memperkuat pelaporan tentang kemajuan program dilapangan terutama Luas Tambah Tanam (LTT) harian serta meningkatkan pemanfaatan penggunaan IT dalam sistem pelaporan.

Tentang pengoptimalan penggunaan alsintan, pemanfaatan lahan kering atau tidur menjadi produktif, pengembangan tumpangsari, serta meningkatkan kompetensi dan profesionalitas serta pemahaman Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang perlindungan lahan pertanian juga harus diperhatikan, pungkas Gubsu Erry Nuradi. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*