Diskominfo Sergai Gelar Talk Show Sambut HPN 2018

Sei Rampah, mediacenterserdangbedagai.com

Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang gelaran akbarnya akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada 9 Februari mendatang, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) menggelar talk show bertempat di Studio Radio Sergai FM 92,5 Mhz, Selasa (2/6). Sebagai pembicara pada talkshow tersebut hadir Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sergai Durahman Silitonga, Kadis Kominfo H. Ikhsan, AP serta Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Sergai H. Zainal Abidin, S.Pd.

Perbincangan ringan ini diawali dengan Bupati Sergai yang menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers diseluruh Indonesia.  Pada momen HPN 2018 nantinya disampaikan agar PWI Sergai dan insan wartawan untuk menjadi wartawan yang bermutu, be journalism quality, karena Sergai kedepan menjadi sangat strategis dengan adanya jalan tol, pelabuhan, jalur kereta api, kawasan Industri dan daerah pariwisata sangat membutuhkan peran serta para rekan insan pers sekalian, terang Bupati.

Pada kesempatan tersebut Soekirman meminta kerjasama kita semua terutama insan pers dapat membantu menepis berita berita bohong (hoax) terlebih pada tahun politik ini. Kita percaya telah tiga kali gelaran Pemilu, daerah kita selalu kondusif dan aman. Untuk itu mari kita semua jangan mau terpancing dan para provokator yang menginginkan kita terpecah belah, karena kita semua bersaudara, ujarnya.

Terkait rencana keberangkatan Kontingen PWI Sergai menuju gelaran HPN 2018 di Padang nanti, Bupati  berharap perwakilan PWI Sergai agar dapat “mencuri panggung” melalui pengenalan produk-produk unggulan seperti beras organik dan potensi pariwisata ataupun mengambil pentas dengan ikut festival pantun spontan yang akan menjadi salah satu bagian dari acara. Bisa juga kita selipkan pantun bahasa batak yang dibumbui dengan susunan kata yang baik dan boleh saja lucu. “Saya rasa bukan soal menang atau kalahnya, namun setidaknya kita bisa tampil dan mengenalkan daerah kita ini di pentas nasional. Selamat HPN Tahun 2018, jaya terus Pers Indonesia” pungkas Bupati Soekirman.

Sementara Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP saat menanggapi pertanyaan dari moderator terkait program kerja Dinas Kominfo dalam mendukung jurnalis di Kabupaten Sergai mengatakan bahwa untuk tahun 2018 ini selain kegiatan Pelatihan Wartawan, Coffee Morning yang digelar rutin, tahun ini direncanakan digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan yang berada pada Unit Pemkab Sergai.

Dikatakan Ikhsan bahwa kita semua yakin dan percaya bahwa pers adalah profesi yang mulia jika sosok pers tersebut dapat bekerja dengan baik. Selain itu setelah pada event HPN ini nantinya akan ada satu kebulatan tekad dari rekan-rekan pers terkait tanggung jawab dari perusahaan pers untuk mensejahterakan wartawannya sebagai bentuk tanggung jawab atas para rekan wartawan yang bekerja pada perusahaan media tersebut, tukas Ikhsan.

Menyambung penyampaian program dari Kadis Kominfo, Kabid PIP Dinas Kominfo H. Zainal Abidin, S.Pd menyampaikan beberapa kendala terkait program kerja kemitraan pers yang dihadapi antara lain belum semua memenuhi persyaratan pers yang surat edaran Dewan Pers. Untuk itu diharapkan peran aktif dan kerjasamanya dari insan pers untuk melengkapi persyaratan tersebut agar terciptanya kerjasama yang baik antara pemerintah dengan pers yang profesional, harap Zainal.

Sementara Ketua PWI Sergai Durahman Silitonga mengapresiasi dan ucapan terima kasih atas perhatian Bupati Sergai serta Dinas Kominfo yang telah banyak berkontribusi dan mendukung para insan pers di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Pada kesempatan tersebut Durahman Silitonga selaku atas nama PWI Sergai memohon izin kepada Bupati untuk berangkat menghadiri gelaran akbar HPN 2018 di Kota Padang. Disampaikan kesiapan dari PWI Sergai terkait pesan Bupati Soekirman untuk mengenalkan produk unggulan daerah dari Kabupaten Sergai serta rencana kegiatan yang telah disusun. “Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Sergai, semoga nantinya kehadiran kami di Padang dapat memberikan hal positif dan membekas serta dapat mencuri panggung dalam gelaran akbar yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi nantinya”, tutup Durahman. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*