Pemkab Sergai Gelar Sholat Idul Fitri 1438 H

Sei Rampah, MCSerdangbedagai.com

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H/2017 M bertempat di Lapangan Firdaus Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Minggu (25/6).
Bertindak sebagai Imam sholat adalah Zainal Arifin, sedangkan Khutbah disampaikan oleh H. Sugeng Wanto.
Tampak hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Wakapolres Sergai Kompol Erizal, SH, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Para Kepala OPD, Camat, Ketua MUI H. Lukman Yahya, dan para hadirin peserta Sholat Ied.
Dalam khutbahnya yang berjudul “Kunci Membangun Ukhuwah dan Kebersamaan”, H. Sugeng Wanto menyampaikan bahwa hari raya orang yang beriman adalah yang disebut dengan “Yaumul Dzikri wa Syukri” atau hari berdzikir dan bersyukur. Orang yang kembali kepada Allah secara sukarela akan merasakan kebahagiaan dan ketenangan, seperti orang pulang kampung dengan sukarela. Kembali kita kepada Allah membuat kita harus bersedia mengorbankan banyak hal, seperti mudik jasmani yaitu harta, fikiran, perasaan, waktu, dan sebagainya.
Lebih lanjut disampaikan H. Sugeng Wanto, puasa ramadhan harus memberikan implikasi baru, yaitu setelah memperoleh kesucian jiwa di hari raya Idul Fitri ini akan menimbulkan etos beragama yang baru, yang akan memunculkan cara hidup baru yang lebih baik dan mengacu pada nilai-nilai Islam yaitu yang pertama adalah Ketaatan baru dalam beragama. Yang kedua adalah Etos Kerja baru, kemudian yang ketiga nilai persatuan dan kebersamaan, dan yang keempat berupa kesalehan sosial.
Untuk itu, mari kita perbaiki kembali hubungan kita sesama saudara dengan didasari rasa kasih dan sayang yang pada akhirnya akan tertanam dalam jiwa kita sikap yang senantiasa ingin terus membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita, ujarnya.
Mengakhiri khutbahnya, H. Sugeng Wanto mengajak semua yang hadir untuk menjadikan moment bulan Syawal ini untuk memperbaiki hubungan silaturahmi dengan sesama saudara lewat Halal Bi Halal. “Kita buka lembaran baru persaudaraan kita dengan didasari kasih sayang, insha Allah dengan kuatnya tali ukhuwah diantara sesama menjadikan kita umat Islam yang senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan” pungkasnya. (MCSergai/Indan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*