SID Jadikan Pengawasan Pembangunan Desa Semakin Jelas, Transparan dan Tepat Sasaran

PHOTO BERSAMA : Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si dan Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH photo bersama dengan Direktur BITRA Indonesia Wahyudi, para Narasumber, operator pengelola SID serta para jurnalis sistem informasi Desa usai membuka kegiatan pelatihan SID bertempat di Hotel Grand Antares Medan, Rabu(8/11) malam.

Sei Rampah, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya didampingi Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan,M.Si dan Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Dimas Kurnianto, SH, secara resmi membuka kegiatan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) bertempat di Hotel Grand Antares Medan, Rabu(8/11) malam. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Yayasan Bina Keterampilan Perdesaan (BITRA) Indonesia Wahyudi, para Narasumber, operator pengelola SID serta para jurnalis sistem informasi Desa.

Mengawali sambutannya sekaligus membuka kegiatan Wabup Darma Wijaya mengemukakan bahwa kegiatan SID ini merupakan salah satu dari bentuk kewajiban Pemkab Sergai dalam memberikan pendampingan dan penguatan kepada desa khususnya dalam pengembangan dan manfaat tata kelola informasi serta data pembangunan di tingkat desa. Dikatakan Wabup, dengan diaturnya SID secara eksplisit dalam Undang-Undang (UU) tentang desa akan menjadikan SID kian penting peranannya dalam pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan khususnya mengenai manajemen informasi data serta dapat digunakan untuk penguatan pengawasan pembangunan desa.

Dengan adanya SID yang terbuka bagi publik maka pengawasan pembangunan desa akan semakin jelas, transparan serta tepat sasaran. Oleh karenanya Pemkab Sergai mendukung dalam pengembangan SID guna kemajuan desa-desa di Kabuputen Tanah Bertuah Negeri Beradat, ungkap Wabup Darma Wijaya.

Sebelumnya Kadis PMD Kabupaten Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu pengelola SID di desa dalam hal pengembangan dan pemanfaatan tata kelola informasi serta data pembangunan tingkat desa untuk membina pengelola SID di desa dalam penguatan kualitas pelayanan publik desa dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar lebih efektif dan efesien.

Kegiatan SID ini terbagi dalam 3 gelombang yang di ikuti dari 75 desa se-Sergai, pertama mulai tanggal 8 s/d 11 Nopember 2017, kedua tanggal 20 s/d 23  dan terakhir tanggal 27 s/d 30 Nopember 2017, kata Dimas Kurnianto. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*