Sosialisasi Pembentukan Satlinmas Desa/Kelurahan se-Sergai,

SAMBUTAN : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya tengah menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara Sosialisasi Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk desa/kelurahan se kabupaten bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (31/1).

Sei Rampah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya membuka Sosialisasi Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk desa/kelurahan se kabupaten bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (31/1). Hadir dalam kegiatan tersebut  Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Kabid Linmas Provsu Drs. Henry MM Sitompul, M.Si beserta Kasi Satlinmas Provsu Anggara Akbar Hasibuan, SE, SH, MKn, Kepala OPD, Camat, Lurah, jajaran Satuan Polisi Pangong Praja (Satpol PP) dan Kades se-Sergai.

Mengawali sambutannya sekaligus membuka acara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, diantara kelahiran dan kematian ada perlindungan masyarakat, hal ini sangat penting dalam hal peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Mulai dari awal kegiatan ini, yang menyangkut tentang hak dan kewajiban desa agar dapat diselesaikan dalan rangka mendukung pencapaian target Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai seperti pajak yang menjadi kewajiban masyarakat.

Oleh karenanya, diingatkan bahwa untuk HUT Satpol PP se-Sumut akan ditempatkan di Sergai yang merupakan komitmen dari Gubsu pada HUT Satpol PP Tahun lalu di Binjai. Hal ini karena kinerja Satpol PP Sergai dinilai telah menjadi contoh perlindungan masyarakat yang baik, ujar Bupati. Kemudian tentang desa, diminta kepada para Kades untuk dapat memanajemen keuangan desanya dengan baik dan tertib seperti menutup alur kas setiap bulannya. Hal ini untuk memudahkan desa itu sendiri agar tidak merepotkan diri sendiri saat akan menutup pembukuan di akhir tahun.

FOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya foto bersama dengan para peserta kegiatan usai membuka acara Sosialisasi Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk desa/kelurahan se kabupaten bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (31/1).

Disampaikan juga kepada para Kades bahwa ada hal yang harus diwaspadai yaitu AGTH atau singkatan dari Ancaman, Gangguan, Tantangan dan Hambatan yang akan kita hadapi saat ini yaitu Ancaman pecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.  Selanjutnya Gangguan, diharapkan agar para Kades mewaspadai provokator yang dapat mengganggu pembangunan desa. Untuk itu hindari pemborosan dan penyalahgunaan anggaran dana desa dengan menempatkan prinsip anggaran dana desa mengikuti program prioritas, bukan sebaliknya.

Dikatakan juga oleh Bupati bahwa kegiatan ini menambah satu komponen yang sesuai dengan UU yaitu perlindungan masyarakat dan sesungguhnya telah ada pada waktu lalu tentang Perlindungan Masyarakat. Dengan kegiatan ini akan diperkuat kembali didalam masyarakat guna memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Hasil positif yang dapat diambil dari penerapan Pembentukan Satlinmas ini juga tentu akan membuka lapangan kerja baru serta peluang investasi karena desa tersebut terjamin keamanannya.

Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau kepada para Camat, Lurah dan Kades agar saling menjaga soliditas dan kekompakan untuk bersama-sama menjadikan setiap pekerjaan dan didedikasi untuk kesejahteraan masyarakat serta menjadikan Satlinmas sebagai sarana melengkapi Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), tutupnya. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*