Menjadi Lokasi PLT/PBL, Sergai Siap Terima Mahasiswa Kapan Saja

PHOTO BERSAMA : Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM didampingi Asisten Pemum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin dan Kepala OPD photo bersama dengan Rektor UNRI Prof. DR. Ir. Aras Mulyadi, DEA, Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Riau Prof. Dr. Ir. Bintal Amin, M.Sc dan para Mahasiswa usai menerima 405 Mahasiswa yang akan melakukan PLT di Sergai bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (8/11).

Sei Rampah, Sebanyak 405 (empat ratus lima) Mahasiswa asal Universitas Negeri Riau (UNRI) yang akan melakukan Praktek Lapangan Terpadu (PLT) diterima oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM didampingi Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (8/11).

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Rektor UNRI Prof. DR. Ir. Aras Mulyadi, DEA, Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Riau Prof. Dr. Ir. Bintal Amin, M.Sc, Kepala OPD dan para Camat. Disela-sela penerimaan tersebut, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM menyampaikan Kabupaten Sergai  memiliki 5 Kecamatan pesisir yaitu Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin dan Kecamatan Bandar Khalipah dengan panjang garis pantai 55 km.

Selain itu juga, Sekdakab Hadi Winarno menyampaikan rasa bangga dan kehormatan karena ditunjuk menjadi lokasi PKL terpadu dari Universitas Riau. “Kami menerima semua orang yang hadir disini sebagai bentuk perwujudan mimpi untuk maju dengan prinsip banyak tamu akan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat,” ujarnya.

Pantai menjadi lokasi strategis untuk pariwisata, perikanan dan kelautan. Oleh karenanya, kami berharap kerjasama antara Universitas Riau dengn Pemkab Sergai ini tidak berhenti sampai disini. Kami siap kapan saja menerima kehadiran para civitas dari Universitas Riau. Selamat datang di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,  kami yakin dan percaya masyarakat akan menerima kehadiran mahasiswa dengan tangan terbuka dan kekeluargaan. Terlebih Sergai masih serumpun Melayu dengan Riau, pungkasnya.

Sebelumnya Rektor UNRI Prof. DR. Ir. Aras Mulyadi, DEA mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penyambutan dari jajaran Pemkab Sergai. Kegiatan PLT ini merupakan kegiatan rutin setiap semester dengan mendalami kondisi-kondisi di lapangan sesuai dengan teori yg disampaikan di kelas sembari memperkenalkan daerah kelautan karena kelautan tidak hanya laut melainkan pesisir hingga tengah laut. Jadi pemilihan daerah sesuai hal diatas agar menjadi lokasi praktikum

Dipilihnya Sergai sebagai lokasi PLT, karena disini banyak tempat yang sangat bagus sebagai tempat pembelajaran khususnya tempat wisata yang menarik dengan harapan dapat menjadi objek pembelajaran. Sepulangnya dari sini para mahasiswa dapat memperkenalkan potensi  Sergai di Riau nantinya. Ke- 405 Mahasiswa Ilmu Kelautan yang akan mengadakan PLT selama 4 hari merupakan Mahasiswa semester Ganjil dari Jurusan Ilmu Kelautan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau, kata Aras Mulyadi.

SAMBUTAN : Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM tengah menyampaikan sambutannya saat menerima 405 Mahasiswa asal UNRI yang akan melakukan PLT di Sergai bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (8/11).

Pelepasan dan Penyampaian Presentasi Hasil PBL Mahasiswa FKM USU

Usai menerima 405 Mahasiswa asal UNRI, diwaktu yang sama bertempat di Aula Sultan Serdang, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, menghadiri pelepasan dan penyampaian hasil Praktek Belajar lapangan (PBL) Mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU. Hadir juga Wakil Dekan III FKM USU Prof. Drs. Heru Santoso, MS, Phd, Ketua Tim PBL FKM USU Ir. Evi Naria, Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, para Camat, dosen pembimbing dan mahasiswa FKM USU.

Dalam sambutannya Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM mengucapkan terima kasih karena Sergai hari ini sudah mendapat 2 kunjungan yaitu dari UNRI dan kemudian dari FKM USU.

Kami yakin dan percaya selama 9 minggu PBL telah banyak mendapat pengalaman yang diambil oleh para Mahasiswa serta membantu Kabupaten sergai dalam hal menemukan permasalahan kesehatan sehingga dapat digunakan sebagai informasi dalam penyusunan perencanaan penanggulangan masalah kesehatan. Dan bagi masyarakat Sergai akan menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang kesehatan, ujar Hadi Winarno.

Kemudian Ketua Tim FBL USU Ir. Evi Naria mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai dan masyarakat yang telah menyambut dan memberikan dukungan atas PBL yang dilaksanakan selama ini. PBL dilaksanakan pada 12 September hingga 11 November 2017 dengan jumlah mahasiswa 290 orang tersebar di 4 Kecamatan dan 5 Puskesmas yaitu Pantai Cermin, Perbaungan, Tanjung Beringin dan Pegajahan. Mudah-mudahan apa yg telah kami dapatkan menjadi bekal dan bagian hidup dari Mahasiswa kami yang tidak akan terlupakan, tukasnya.

Sementara itu Wakil Dekan III FKM USU Prof. Drs. Heru Santoso, MS, Phd mengapresiasi dan ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik dalam hal PBL yang dilaksanakan oleh para mahasiswa. PBL merupakan sarana latihan para mahasiswa untuk memahami dinamika masyarakat dalam keadaan yang sebenarnya. Intinya diharapkan selama 9 minggu PBL akan memberikan hal yang positif bagi mahasiswa dan masyarakat setempat, katanya. (MCSergai/vivi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*